RSS

Menumbuhkan jiwa tanggung jawab pada anak

22 Jun

Kita dapat menumbuhkan jiwa tanggung jawab dalam diri anak dengan memberikan keleluasaan kepada anak untuk melakukan berbagai pekerjaan dan aktivitas sendiri. Hal ini akan dapat membina, mengembangkan, dan meningkatkan kepribadian serta kemampuan anak. Dengan berjalannya waktu, anak akan mempunyai kemampuan untuk bergantung pada diri sendiri, dan melakukan berbagai kewajiban yang dibebankan dengan penuh kemampuan dan bertanggung jawab.

Keleluasaan yang diberikan kepada anak jangan sampai mengikat ruang gerak anak yang tidak memberikan kesempatan kepada anak untuk berkembang dan produktif. Hal ini akan melumpuhkan gerak anak dan tidak memberikan kesempatan bagi anak untuk melaksanakan pekerjaan yang dilimpahkan dengan baik.

Keleluasaan yang diberikan kepada anak sebaiknya lebih memfokuskan pada hasil kerja, yaitu memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih cara atau sarana yang mereka inginkan, dan menjadikan anak pihak yang bertanggung jawab atas hasilnya, yang pada akhirnya akan timbul rasa saling memahami antara orang tua dan anak.

Memberikan kesempatan kepada anak untuk berinisiatif dan membiarkan anak belajar dari kesalahan – kesalahan akan menjadikan anak bertanggung jawab atas hasil pekerjaan sendiri.

 
Leave a comment

Posted by on June 22, 2011 in Tips

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: