RSS

Melatih anak tidak ngompol

22 Jun

Sering saya mendengar ibu-ibu yang mengeluh karena anaknya masih mengompol padahal anaknya sudah usia sekolah. Berikut beberapa tips dari pengalaman pribadi saya, dimana anak-anak saya begitu bisa berjalan, begitu pula berhenti mengompol. Padahal saat itu anak-anak saya baru berusia 1 tahun.

Beberapa tips di bawah ini mudah-mudahan dapat membantu ibu-ibu yang mempunyai masalah anak-anaknya masih mengompol.

  • Sejak anak lahir jangan dibiasakan memakai pampers, karena anak yang terbiasa memakai pampers tidak bisa merasakan sensasi basah akibatnya anak tidak peka dengan kondisi basah yang tidak nyaman. Pampers hanya dipakai saat bepergian atau menginap di rumah teman, kerabat, dan lain-lain.
  • Saat anak sudah bisa berdiri sambil pegangan atau rambatan ( umumnya usia 9 bulan) cobalah 1x atau 2x dibawa ke toilet saat anak tidur malam. Hal ini membiasakan anak untuk tidak ngompol di kasur. Kalau belum terbiasa memang berat, tapi cara ini bisa membuat anak tahu bahwa bila ingin buang air kecil harus di toilet.
  • Saat anak sudah bisa berjalan ( umumnya usia 12 bulan – 14 bulan) ajarkan anak untuk buang air di toilet dengan cara : Katakan kepada si anak jika ingin buang air ditahan sebentar sambil ucapkan “tahan….tahan….tahan…..” sampai masuk toilet dan sampai buka celana (begitu celana terbuka ucapan “tahan” dihentikan) baru deh anak disuruh buang air. Lama-lama anak jadi terbiasa untuk buang air di toilet.
 
Leave a comment

Posted by on June 22, 2011 in Tips

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: